My Writings. My Thoughts.

Penjumlahan dengan penyimpanan

On » Thursday, February 11, 2010 //
Kayak nya cara yang satu ini udah cukup populer tanpa perlu diajarai ..
Tapi ngk pernah ada kata terlambat untuk belajar kan ...
Bisa saja ada yang nggak tau ..
Hayo ..!!! Gman coba ??
Masih berani ngelawan ?? Huh !!! (lho kok malah ngancam ?? Gubrak !!)

Ini disebut penjumlahan dengan penyimpanan karena dalam penjumlahannya dilakukan penyimpanan .. (yang lagi sakit kepala nggak usah baca)

Langsung masuk ke contoh !!
Karena apa  ??
Karena kalau dijelaskan akan bertambah bingung, yang mengakibatkan penyumbatan disekitar otak dan mengakibatkan sakit kepala yang menimbulkan kesinambungan rada frekuensitatif dalam hidup sehari-hari .. (Huss !! Huss !! Contohnya mana ???)

Yang gampang-gampang dulu ya ... (emang rada ogeb koq, pke alasan lagi ..)

59
87
  -- +
      ??      
( lagi-lagi soal anak tk.. G ngurus !! )

Kalau lihat dari contoh soal diatas yang kebayang apa hayo??
(suara selir-sulir : ngk tau....)

Ubah contoh diatas menjadi seperti dibawah ini :

60
87
   -- +
147 

Kok jadi 60 ?? bukannya tadi 59 ??

Jawaban: 59 kita jumlah dengan 1, sehingga penjumlahan akan menjadi lebih mudah 60+87 = ?
coba deh bandingkan jika kita menghitung 59+87 = ?
Lebih mudah dengan bilangan yang genap kan ??
Tapi nggak cuma sampai disitu saja ..
Setelah kita jumlahin, kita kembalikan ke bentuk awal dengan cara hasil jumlahnya thu
kita kurangin dengan 1 ..


60
87
   -- +
147 

147-1 = 146

Jadi 59 + 87= 146


Yang lain juga bisa ..
(suara malaikat: yang lain kayak gimanaaaa ??)

Nih ,, misalnya angka 59 kita ganti dengan 58 ..
Tinggal 58 kita ubah jadi 60, dan hasilnya kita baru kurangin 2 gtu ...
(suara malaikat lagi: oh yeah ??)
Iaaa .....

Contoh lain deh ,, yang lebih extrim (pdahal biasa ajha)

9999
7659
   ----- +
 ?????

langsung ajha +1 di 9999 !!

10000
  7659
     ------- +
 17659

17659-1 = 17568

Jadi .. 9999+7659 = 17658  !!!!

Gmana ??
Buat yang bisa langsung hitung tanpa cara diatas nggak usah kompromi, atau saya marah nih  .. (dasar idiot !!)

Siip !!!
Selamat datang ..

1 Response to "Penjumlahan dengan penyimpanan"

Anonymous Says:

mempermudah dalam perhitungan

Leave A Reply

My photos. Now you know me.

Browse Flickr

My lifestream. Stay updated with me.

Followers



My favblog. Feeds from them.