My Writings. My Thoughts.

Pengurangan dengan teknik penjumlahan ..

On » Friday, February 12, 2010 //
Kali ini saya akan membahas lagi cara berhitung cepat ..
Sebenarnya cara-cara yang saya bahas mungkin kelihatan nya untuk anak SD dan sederajatnya ..
Namun, yang saya tekankan adalah mengenai cara/ pola pikir para readers ..
Jadi jangan pada ngamuk ya ..!!!

Nah, saya akan membahas mengenai Pengurangan dengan menggunakan penjumlahan ..
Gmana ?? Masih bingung ?? langsung ajha yuk, ke contoh ..!!

Misalnya 63-44 = ?
Maka yang harus anda pikirkan adalah ..
44+10 = 54, dan 54+9 = 63 ..
Jadi 63-44 adalah  10+9= 19

Kita coba contoh lain ya ..
78-56 = ?
56+20 = 76, dan 76+2 = 78 ..
Jadi 78-56 adalah 20+2 = 22

Seperti itulah caranya ...
Sebenarnya ini adalah cara yang mudah, dan bahkan untuk menghitung soal-soal seperti ini ada beberapa orang yang seperti udah bisa menghafal jawaban nya ..
Namun,, yang saya ajarkan bukan cuma cara berhitung cepat ...
Melainkan memiliki mental matematika ...
Dan berpikir layaknya seorang Matematis ...

Contoh 56+77 = ??
Jika kita memiliki mental matematika,, maka kita akan menjumlahkan 56+70 , kemudian "hasilnya" dijumlahkan dengan 7 (sisa dari 77)..

Tidak ada paksaan dari saya ..
Cuma pengen share ilmu doank ...
N menjadikan generasi Indonesia menjadi lebih baik !!

Gimana ??

Siip !!!
Selamat Datang !!

1 Response to "Pengurangan dengan teknik penjumlahan .."

Anonymous Says:

bisa dijadikan referensi ...
thanks atas infonya ..

Leave A Reply

My photos. Now you know me.

Browse Flickr

My lifestream. Stay updated with me.

Followers



My favblog. Feeds from them.