My Writings. My Thoughts.

Mempermudah perkalian angka 1 digit dengan pembagian 2

On » Monday, February 22, 2010 //
Mungkin bagi anda yang udah bisa mengerti nggak perlu saya perjelas lagi judul diatas ..
Tapi buat yang belum tau, akan saya permudah dengan sedikit penjelasan singkat yang padat, jelas, mengagumkan, dan mempesona ..

"Mempermudah perkalian angka 1 digit dengan perkalian 2" .. Sebenarnya termasuk dalam melatih mental matematika ..
Mengapa saya berkata seperti itu ??
Karena cara yang saya pakai akan terasa lebih mudah dalam melakukan perkalian tipe ini ..
Gmana caranya ??
Bagi yang bisa menebak dan benar, itu berarti dia sudah bisa mempraktekan ilmu mental matematika ..

Contoh :

8 x 14 = ??
Mungkin sedikit lebih mudah ..
Bagi anda yang langsung bisa menjawab 112 saya acungi jempol (1 ajha tapi,, nggak 2)..

Truzz .. Bagai mana cara yang dipakai ??
Yang pertama yang harus anda lakukan adalah, membagi 14 dengan bilangan 2 ..

Jadi ...
8 x 7 x 2 = ??
Maka bilangan dapat dibuat menjadi ..
56 x 2 =112

Gmana ??
Kita coba contoh yang lain ..

Contoh :

7 x 18 = ??
7 x 9 x 2 = ??
63 x 2 = 126  ...

Hmmmm ...
lebih mudah nggak pemikirannya ??

Soal - soal diatas akan terasa mudah jika anda bisa langsung menebak hasil perkalian sebelum dikalikan dengan 2 ..

Gmana ??

Siiip !!!
Selamat datang ..

1 Response to "Mempermudah perkalian angka 1 digit dengan pembagian 2"

MasTer Says:

semoga bermanfaat ..

Leave A Reply

My photos. Now you know me.

Browse Flickr

My lifestream. Stay updated with me.

Followers



My favblog. Feeds from them.