My Writings. My Thoughts.

Melakukan penjumlahan 2 digit tanpa melakukan penyimpanan

On » Tuesday, February 9, 2010 //
Kedengarannya emang mudah banget ya ..
Ayo balik lagi ke SD ..
2+2 = ?
Yang tau bapak kasi eskyim ...
Huuss !!!!
Jangan anggap remeh ya ..
Penjumlahan tipe ini dibilang ngk berguna, buat orang yang angkuh , dll .. :p
Tapi buat anak SD atau bahkan masih ditingkat SMP akan sangat bermanfaat dalam melakukan hitung cepat ..

Jujur ajha ya,, ilmu ini saya dapat waktu kelas 4 SD  .. Semoga masih bermanfaat ..

 56
 67
 34
 87
 --- +
 ??

Nah disini ilmunya berlaku ..
Bagi yang menjumlah secara bersusun pasti akan menjumlah satuannya dan menambahkan hasilnya kedalam puluhannya kan ???

Namun akan berbeda dengan cara saya ..


  56
  67
  34
  87
  --- +
  24
22
-----+
244

Caranya adalah dengan menjumlahkan satuan dulu, dan kemudian menjumlahkan puluhan dengan menggesarkan posisi 1 digit kekiri ..
Cara ini juga dapat dipakai dalam menjumlahkan angka ratusan .. ;)
Makin banyak berlatih maka kamu akan merasakan bedanya ..
Pengen coba dengan angka ratusan ??
Okelah kalau begitu . ..

   
  234
  456
  123
  ---- + 
   13
 10
 7
 ---- +
 813


Layaknya bilangan 2 digit, dalam menjumlahkan bilangan 3 digit pun dilakukan pergeseran 1 digit kekiri jika ingin melakukan penjumlahan ..

Gmana  ?? Mudah n bermanfaat ngk ..??

Siip !!!
Selamat datang  ..

2 Response to "Melakukan penjumlahan 2 digit tanpa melakukan penyimpanan"

MasTer Says:

semoga bermanfaat ya !!!

Anonymous Says:

bagus buat bahan belajar adek saya nih ..
bza d share informasinya ..

Leave A Reply

My photos. Now you know me.

Browse Flickr

My lifestream. Stay updated with me.

Followers



My favblog. Feeds from them.