My Writings. My Thoughts.

Keunikan Bilangan

On » Tuesday, December 15, 2009 //
Apakah ada yang tau, kalau bilangan mempunyai keunikan tersendiri. ?
Pasti nggak kan .. (iyain ajha,, drpada nagrep berlebihan ..)
Dalam pembahasan kali ini saya akan menunjukan beberapa keunikan bilangan-bilangan..
Yang akan membuat anda sekalian tercengang kagum..
Nggak percaya,, dan mengatakan Wauu Imposible (Cinca Laura mode:on)

Check this out !!

-Bilangan genap:

Bilangan genap adalah, bilangan yang jika dibagi dengan 2 tak bersisa..
Dalam menentukan bilangan genap, kita hanya perlu melihat angka terakhirnya(selain 1 digit bilangan)..
Misalnya: 36475588776 (adalah bilangan genap)
               44444444443 (bukan bilangan genap)
               135753512 (adalah bilangan genap)

-Bilangan kelipatan 3:

Setiap angka/elemen dalam bilangan kelipatan 3, jika dijumlahkan akan menjadi angka dalam bilangan kelipatan 3.
Bagi yang merasa rumit penjelasannya, lihat pada contoh dibawah..
Contoh: 27, 2+7=9(kelipatan 3)
             273, 2+7+3=12(kelipatan 3)

-Bilangan kelipatan 6:

Bilangan kelipatan 6 adalah bilangan yang habis dibagi 2 dan 3 ..
Atau dengan kata lain bilangan ini adalah bilangan genap berkelipatan 3.
Dengan demikian digit terakhir dalam bilangan ini adalah bilangan genap.
Namun bilangan ini dapat dibagi 3(jangankan anda, saya juga kadang bingung dengan penjelasan saya )..
Contoh: 468, (dari digit terakhir dapat kita tentukan bahwa ini bilangan genap,
                      dan jika menggunakan cara melihat bilangan kelipatan 3 maka :
                      4+6+8=18
                      18 merupakan bilangan kelipatan 3)

-Bilangan kelipatan 9:

Sama halnya dengan bilangan 3, jika setiap elemen bilangan kelipatan 9 dijumlahkan akan menghasilkan bilangan kelipatan 9.
Contoh: 324, 3+2+4=9(jelas kelipatan 9)
             57222, 5+7+2+2+2=18(bilangan kelipatan 9)

-Bilangan fibbonacci(kita singkat ajah yaa,, jadi fibbo):

Bilangan fibbo adalah bilangan hasil penjumlahan, jumlah bilangan sebelumnya ditambah bilangan itu sendiri..
contoh:  0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377.

Namun ada keunikan tersembunyi dari deretan diatas lho..

Misalnya, ambil 2 bilangan dari deret diatas.
Saya coba ambil 5 dan 8. 5 adalah bilangan fibbo ke-6 dan 8 adalah bilangan fibbo
ke-7..
                                                                   6+7=13

maka bilangan kuadrat itu adalah angka dari deret ke-n bilangan fibbo yang kita ambil.

Gimana ??
Bilangan emang nggak selalu memusingkan,, jika kita enjoy ..
Bilangan bisa menjadi suatu objek dalam meningkatkan kreatifitas anak-anak bangsa Indonesia ..
Merdeka!! Merdeka !!!

Siip !!
Kalau ada sumur di ladang boleh kita menumpang mandi,
kalau ada umur yang panjang boleh kita ke sumur lagi .. (gubraakk)

Selamat datang ..

5 Response to "Keunikan Bilangan"

roni Says:

bisa aja dapatnya ..
:)

zARRa Says:

yang fibbo gw baru tau tuh ..

Anonymous Says:

ada bkat pelawak bang ..
hahaha ..

Anonymous Says:

nais nih,, baru tau ..

MasTer Says:

ntar gw cari yang lain lagi ..
biar bza d share buat kalian2 pade ..

Leave A Reply

My photos. Now you know me.

Browse Flickr

My lifestream. Stay updated with me.

Followers



My favblog. Feeds from them.